Kamis, 23 Juni 2011

Komik Antik Gajah Mada



Komik antik karya SES ini berjudul Gajah Mada.
Penerbit : TB. Garuda - Surabaja.
Jumlah buku : 2
Tidak Lengkap dan Belum Tamat
Harga Rp 50.000,- untuk dua buku

Riwayat Gajah Mada

Gajah Mada lahir pada masa Raja Jayanagara (1309-1328). Ia bernama lahir Mada. Mula-mula ia seorang prajurit biasa kemudian naik pangkat menjadi Begelen atau kepala pasukan Bhayangkara.

Gajah Mada mula-mula patih dari Kerajaan Daha. Kemudian menjadi patih dari Kerajaan Daha dan Kerajaan Janggala. Gajah Mada seorang yang mengesankan, berbicara dengan tajam atau tegas, jujur dan tulus ikhlas serta berpikiran sehat.

Setelah Gajah Mada memadamkan pemberontakan Ra Kuti, pada tahun 1319 ia diangkat sebagai Patih Kahuripan. Dua tahun kemudian ia diangkat sebagai Patih Kediri.

Sebetulnya sejak tahun 1329, patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah (Mpu Krewes) sudah menginginkan patih Gajah Mada dari Kediri menggantikan dirinya.

Gajah Mada menaklukkan Keta dan Sadeng terlebih dahulu sebelum akhirnya dilantik menjadi Mahapatih oleh Ratu Tribhuwanatunggadewi. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1334.

Tahun 1339 Gajah Mada menyerang Swarnnabhumi (Sumatera) , pulau Bintan, Tumasik (sekarang Singapura), Semenanjung Malaya. Kemudian pada tahun 1343 Gajah Mada menaklukan Bedahulu (di Bali) dan Lombok, dan sejumlah negeri di Kalimantan seperti Kapuas, Katingan, Sampit, Kotalingga (Tanjunglingga), Kotawaringin, Sambas, Lawai, Kendawangan, Landak, Samadang, Tirem, Sedu, Brunei, Kalka, Saludung, Sulu, Pasir, Barito, Sawaku, Tabalung, Tanjungkutei, dan Malano.

Dilanjutkan pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389) yang menggantikan Tribhuwanatunggadewi, ditaklukanlah wilayah Indonesia timur seperti Logajah, Gurun, Sukun, Taliwung, Sapi, Gunungapi, Seram, Hutankadali, Sasak, Bantayan, Luwu, Makassar, Buton, Banggai, Kunir, Galiyan, Salayar, Sumba, Muar (Saparua), Solor, Bima, Wandan (Banda), Ambon, Wanin, Seran, Timor, dan Dompo oleh Gajah Mada.

Disebutkan dalam Kakawin Nagarakretagama bahwa sekembalinya Hayam Wuruk dari upacara keagamaan di Simping, ia menjumpai bahwa Gajah Mada telah sakit. Gajah Mada disebutkan meninggal dunia pada tahun 1286 Saka atau 1364 Masehi.

Komik antik karya SES ini berjudul Gajah Mada.
Penerbit : TB. Garuda - Surabaja.
Jumlah buku : 2
Tidak Lengkap dan Belum Tamat
Harga Rp 50.000,- untuk dua buku
ES 50
Dari : id.wikipedia.org
TERJUAL

2 komentar: